Saturday, March 9, 2013

SEJARAH MENARA PISA

MENARA PISA

Sudahkah teman – teman tahu mengenai menara pisa di italia? saya yakin bahwa teman – teman semua pasti sudah tahu, karena menara miring pisa tersebut pernah menjadi  7 keajaiban dunia.
Tapi apakah teman – teman tahu mengapa menara pisa itu miring dan tidak tegak seperti  bangunan bangunan lain yang ada di sekitarnya? apakah itu suatu kesengajaan?

Kenyataannya TIDAK.

Menara pisa sebenarnya dibangun tegak ( vertical ) seperti bangunan yang lainnya, akan tetapi dikarenakan dibangun pada kondisi  tanah yang tidak stabil, ditambah lagi dengan pondasi bangunan yang tidak sempurna membuat menara ini menjadi miring.
Pembangunan Menara pisa itu sebenarnya dilakukan dalam 3 tahap, dan dalam tempo 200 tahun. Menara  itu pertama kali miring pada tahun 1178, setelah dibangunnya lantai ketiga.
Kontruksi ulang dimulai kembali pada tahun 1275 oleh Giovanni dan selesai pada pertengahan kedua abad 14. Didalamnya terdapat 294 anak tangga. Sayangnya, menara ini semakin miring ke utara 1.2 milimeter pertahunnya dan dikhawatirkan akan runtuh suatu saat nanti.
Segala upaya telah dilakukan untuk mencegah kemiringan menara ini semakin “tenggelam” , seperti menambah kuat pondasi, akan tetapi hal itu tetap saja belum berhasil dan berakhir dengan semakin miringnya menara itu.
Title: SEJARAH MENARA PISA; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik,
janganlah berkomentar untuk memicu perselisihan antar agama,suku, bangsa, ras, dan golongan tertentu.
terimakasih sudah berkunjung dan telah berkomentar dengan baik