Blog Archive

Saturday, March 16, 2013

RUMUS MENCARI SKALA, JARAK SEBENARNYA, DAN JARAK PADA PETA

Halo teman – teman aku ingin melanjutkan bab mengenai  BILANGAN REAL ( RIIL ) nih, Yaitu mengenai skala, setelah sebelumnya kita membahas mengenai perbandingan senilai dan berbalik nilai, maka bab selanjutnya adalah SKALA.

SKALA sudah diajarkan sejak SD sebenarnya akan tetapi masih banyak yang bingung, nah disini aku akan mencoba menjelaskan mengenai skala dengan cara yang mudah, dan akan aku sertakan rumusnya bagaimana mencari skala, jarak sebenarnya, dan juga tak lupa jarak pada peta. Oke langsung saja, ayo kita simak.

PENGERTIAN “SKALA”

SKALA adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya ( sesungguhnya ).


Nah, berikut ini rumus mencari skala :

 rumus mencari skala

 Contoh soal mencari skala :

contoh soal mencari skala

Itu adalah rumus jika mencari skala,,, bagaimanana jika mencara jarak sebenarnya atapun jarak pada peta?? Bingung tidak? Kalau masih bingung, ini aku berikan rumusnya sekalian, agar lebih mudah untuk teman – teman jika menemukan soal mengenai skala.
rumus mencari jarak sebenarnya :

rumus mencari jarak sebenarnya

rumus diatas merupakan rumus bagaimana mencari jarak sebenarnya jika yang diketahui adalah skala dan jarak pada peta, akan tetapi jangan lupa, jarak sebenarnya itu satuan bakunya  “KM” atau kilometer, jadi jangan bingung bila teman – teman menemukan hasil  penghitungan teman – teman sangat banyak, itu karena satuannya mungkin belum teman –  teman jadikan dalam satuan KM,
contoh soal mencari jarak sebenarnya :

contoh soal mencari jarak sebenarnya

rumus mencari jarak pada peta :

rumus mencari jarak pada peta

Rumus tersebut merupakan rumus mencari jarak pada peta jika yang diketahui hanya jarak sebenarnya dan skala, perlu ditekankan sekali lagi bahwa jarak sebenarnya itu satuan bakunya adalah “KM”, jadi sebelum teman  - teman mengerjakan menggunakan rumus tersebut, pastikan dahulu bahwa jarak sebenarnya sudah teman  - teman  jadikan dalam bentuk “CM”, kecuali jika jika jarak pada peta ditentukan menggunakan satuan yang lainnya, misalkan “MM”.

Contoh soal:

contoh soal mencari jarak pada peta
nah, bagaimana teman, bagaimana penjelasanku menengenai skala? sudah faham kan?
sekian dulu ya pertemuan kita kali ini, kapan - kapan aku sambung lagi,,
bye :D
  
Title: RUMUS MENCARI SKALA, JARAK SEBENARNYA, DAN JARAK PADA PETA; Written by ani ristiy; Rating: 5 dari 5

74 comments:

  1. teori ini sangat membantu saya dari kesulitan materi ini. thanks :) ~ follow @RoyhanZaki1

    ReplyDelete
  2. sama - sama
    terimakasih sudah berkunjung :)
    jangan bosan untuk berkunjung ya?? :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sama - sama...
      terimakasih telah berkunjung

      Delete
  4. thanks, teori sangat membantu untuk soal uts besok :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali ...
      wah, senang sekali deh kalau tulisanku bisa membantu,,,
      :)
      oiia, semoga sukses untuk uts nya ya?
      jangan segan - segan untuk berkunjung kembali ...
      terimakasih :D

      Delete
  5. thanks, teori nya sangat membantu untuk uts besok :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama ...
      terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Replies
    1. wah, selamat ya untuk nilai sempurnanya :D
      terimakasih sudah mau mampir dan memberikan komenternya :D
      jangan segan untuk berkunjung kembali ya? :)

      Delete
  7. thx ya kak..=) bisa buat belajar menghadapi test..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama :D
      aku doakan semoga test nya sukses :)
      terimaksih untuk kunjungannya
      jangan segan untuk berkunjung kembali :)

      Delete
  8. Replies
    1. wah, terimakasih untuk apresiasinya yang luar biasa :D
      terimakasih untuk kunjungannya :)
      jangan segan untuk berkunjung kembali ya? :)

      Delete
  9. Replies
    1. wah, terimakasih untuk kunjungan nya :D
      jangan lupa berkunjung kembali ya ?? :D

      Delete
  10. terima kasih info nya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama- sama ...
      terimakasih kunjungannya :D

      Delete
  11. kurang lengkap nih , tp lumayanlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih untuk kritikannya
      nanti aku bahas lagi deh kapan - kapan materi lainnya
      hehehe

      Delete
  12. Mantapzz !! ini sangat membantu sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya
      senang sekali bisa membantu :D

      Delete
  13. terima kasih rumus2nya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama :D
      terimakasih untuk kunjungannya ya :D

      Delete
  14. thanks,diperbanyak rumus2 mtk nya...yak

    ReplyDelete
  15. thanks,diperbanyak yak,rumus2 mtknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih untuk sarannya :D
      jangan segan untuk berkunjung kembali ya :D

      Delete
  16. wah..terima kasih, saya yang tidak pintar matematika ini jadi terbantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama
      senang sekali bisa membantu :D
      terimakasih untuk kunjungannya ya :D

      Delete
  17. regina tiara natasyaJanuary 16, 2014 at 7:48 PM

    terima kasih atas ilmunya , sebelumnya aku belom paham tapi setelah liat ini aku bisa test ,aku mendapat nilai yg cukup baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa membantu , terimakasih atas kunjungannya :)

      Delete
  18. regina tiara natasyaJanuary 16, 2014 at 7:50 PM

    terima kasih atas ilmunya , sebelumnya aku belom paham setelah aku melihat ini aku bisa mengikuti test nilai ku cukup baik thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama , senang sekali bisa membantu :D
      terimakasih untuk kunjungannya ya :D

      Delete
  19. terima kasih, sudah lama tidak mengulangi jadi lupa rumusnya, artikelnya sangat membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang sekali bisa membantu,
      terimakasih untuk kunjungannya ya :D

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Rumus anda salah,..
    Kebalik,...wah.berbahaya bagi yg lagi belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang ada yang salah, saya minta maaf, karena saya juga masih belajar,
      mohon dibantu untuk pembenaran dibagian mana yang salah, terimakasih :)

      Delete
  22. Contoh soalnya salah tentang jarak sbenarnya !!!
    Seharusnya 1 yang dikali dgn 7,2 cm !!!
    Jdi bagaimana dong cara menyelesaikan !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikalikan dengan yg 2KM kak ,,, alias 2000000
      soalnya yg 1 itu skalanya...
      1 cm pada peta = 2Km pada jarak sebenarnya :)
      terimakasih sudah berkunjung,
      terimakasih

      Delete
  23. saya bingung nich,sudah lama saya tidak belajar matematika terus skarang saya di mintai ngajarin anak saya yang lagi duduk di bangku sd kelas 6,tentang perbandingan 2 angka

    ReplyDelete
  24. Mungkin yang dibilang salah dan kebalik itu yang mencari skala, sy membaca ada pembahasan yg seperti di atas dan skala = jarak pada peta : jarak sebenarnya (maksudnya sama, hasilnya sama , mungkin pemikirannya sedikit berbeda) kalo saya yang penting sy ngerti aj

    ReplyDelete
  25. Rumus nyari jarak pd peta apa?
    Gk nampak gbr nya

    ReplyDelete
  26. Senang sekali sudah bisa menghapal rumus2 nya terimakasih banyak ya aku seneng banget bisa tau!

    ReplyDelete
  27. Aku dari tadinya peringkat 9 jadi berubah jadi rangking 3 suer sumpah
    Aku selalu belajar matematika di google setelah aku tau ada ini langsung deh aku bertambah ilmunya! Makasih ya ilmunya! Pas semester 1 dulu aku peringkat 3 kalau sekarang belum tau heheh Makasih banget ya ilmunya!

    ReplyDelete
  28. subhanallah hebat sekali manusia bisa menemukan rumus yang agak sulit ini, mbantu sekali blognya saya ulangan matematika jadi dapat 100 kak!! :)

    ReplyDelete
  29. makasih ya kak,,, aku jd tau rumusnya soalnya aku juga lg bingung nyari skala peta

    ReplyDelete
  30. Guruku bilang jarak pada peta bagi jarak sebenarnya

    ReplyDelete
  31. Thanks alot ya... membantu banget :)

    ReplyDelete
  32. Rumus yg Anda tulis kurang tepat
    Skala = jarak pada peta : jarak sebenarnya

    ReplyDelete
  33. Rumus yg Anda tulis kurang tepat
    Skala = jarak pada peta : jarak sebenarnya

    ReplyDelete
  34. Rumus yg Anda tulis kurang tepat.
    Skala = Jarak pada peta : Jarak sebenarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bner yg mana nih?

      Delete
    2. hasilnya tetep sama kok kak :)
      tetep 1: jarak sebenarnya :)

      Delete
  35. gladhiesyaa jihan aqlhenhae alexanhia dhiandrha haqqApril 21, 2014 at 8:08 PM

    mb kok sulit sichhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan si mbak sebenarnya, hehehe
      terimakasih sudah berkunjung ;)

      Delete
  36. Makasih kak...Jadi aku bisa lebih mudah bljr bwt hadapin US/M...n' Minta do'anya ya semoga aku lulus dgn nilai yg memuaskan........

    ReplyDelete
  37. Terimakasih infonya

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik,
janganlah berkomentar untuk memicu perselisihan antar agama,suku, bangsa, ras, dan golongan tertentu.
terimakasih sudah berkunjung dan telah berkomentar dengan baik