Monday, February 25, 2013

sejarah tugu jogja

 temen - temen,pasti semua sudah tahu kan mengenai tugu jogja?
tugu yang  menjadi landmark kota jogja, tak sedikit orang yang berpendapat bahwa, kamu belum benar - benar ke jogja jika belum mengunjungi tugu jogja.
nah, kali ini aku ingin mengulas tentang sejarah tugu jogja.
baiklah, ini nih sejarahnya.. :-)


Tugu Jogja awalnya didirikan  oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I tahun 1756 berbentuk Golong Gilig, Bentuk Tugu Golong-Gilig itu, puncaknya berupa golong (bulatan mirip bola) dan bawahnya berbentuk bulat panjang/silindris atau gilig. Tugu Golong-Gilig tersebut melambangkan satu kesatuan tekad cipta, rasa dan karsa menyatunya raja dengan rakyatnya. Ini menggambarkan bersatunya raja dan rakyatnya dalam perjuangan melawan musuh maupun menyatu dalam membentuk pemerintahan yang bebas/merdeka.


Pada 10 Juni 1867 terjadi gempa tektonik di Jogja yang meruntuhkan tugu . Tugu itu kemudian diperbaiki oleh Opzichter van Waterstaat/Kepala Dinas Pekerjaan Umum JWS van Brussel di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V. Tugu yang baru itu diresmikan oleh Sri Sultan HB VII pada tahun 1889. 

tugu jogja dulu dan kini
tugu golong gilig - de witt paal

 Sejak direnovasi Belanda tahun 1889, Tugu dibuat dengan bentuk persegi dan puncak tugu tak lagi bulat tetapi berbentuk kerucut dengan warna dominan putih sehingga disebut juga De Witt Paal atau Tugu Pal Putih. Sebenarnya ini adalah taktik Belanda untuk menghapus persatuan antara rakyat dan raja dengan mengubah simbol yang awalnya dibangun.

tugu jogja sekarang
Namun upaya itu tidak berhasil karena perjuangan rakyat dan raja di Yogyakarta tetap bersemangat bersatu melawan penjajah. Dan sayangnya pula, tidak banyak yang tahu bahwa bentuk asli Tugu Yogyakarta adalah sebagai monumen persatuan rakyat dan pemimpinnya.


tugu jogja
tugu jogja
referensi dari berbagai sumber

baca juga :


  • permainan petak umpet
  • sejarah jaranan kediri
  • batik indonesia
  • cublak cublak suweng
Title: sejarah tugu jogja; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik,
janganlah berkomentar untuk memicu perselisihan antar agama,suku, bangsa, ras, dan golongan tertentu.
terimakasih sudah berkunjung dan telah berkomentar dengan baik