Blog Archive

Tuesday, February 26, 2013

mitos DANAU TOBA

DANAU TOBA

peta sumatera utara
peta sumatera utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata terkenal di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, danau toba ini berhasil memikat wisatawan domestik maupun mancanegara.
danau toba
danau toba












dibalik keindahan danau toba dan pulau samosir ini, terdapat suatu mitos yang juga tidak kalah populer dikalangan masyarakat. mitos yang bercerita tentang asal mula terjadinya danau toba.



Dikatakan bahwa dahulu ada seorang pemuda miskin yang rajin bekerja, dia bekerja mengerjakan ladang milik orang lain, setiap harinya dia pergi memancing ikan untuk dijadikannya santapan. dan pada suatu hari, seperti biasa dia pergi memancing ke sungai, dia berhasil mendapatkan seekor ikan berwarna emas yang besar, sang pemuda pun sangat senang dan dibawanya ikan itu pulang untuk dimasak. setibanya dirumah dia tidak langsung memasak ikan itu, dia menempatkannya pada wadah.

keeseokan harinya saat toba melihat kedalam tempayan ternyata ikan yang didapatkannya kemarin saat memancing itu makin indah. toba sebenarnya tak ingin memotong dan memakan ikan itu, tapi karena tak kuasa menahan rasa laparnya, ia pun harus memotongnya.
saat ia akan memotong ikan tersebut, terjadi hal yang ajaib, ikan itu meminta tolong dan memohon untuk di kembalikan kedalam tempayan .dalam keadaan kaget dan takut, toba menurut. tiba- tiba ada asap tebal, sesaat kemudian terlihat sesosok gadis berparas cantik mengenakan gaun berwarna emas, persis seperti sisik ikan yang didapatkannya kemarin.
putri ikan itupun menjelaskan bahwa dia adalah putri dari kahyangan yang berbuat salah dan dikutuk untuk menjadi ikan, dia bisa menjelma menjadi manusia karena toba tak membunuhnya. putri itupun bersedia diperistri oleh toba tapi dengan satu syarat, yaitu toba tak boleh memberitahukan kepada siapapun asal usul dari putri ikan tersebut.

danau tiba 1
danau toba
demikianlah, mereka pun akhirnya berumah tangga. kebahagiaan merekapun bertambah saat anak mereka lahir, anak itu diberinama samosir. tapi sayang, samosir adalah anak yang malas, yang tidak mau membantu kedua orangtuanya sedikitpun.
pada suatu hari, samosir diperintahkan ibunya untuk membawakan bekal untuk ayahnya, samosir pun melewati hutan dan sungai, lama - kelamaan dia pun lapar,diapun memakan nasi bekal yang diperuntukkan untuk ayahnya dan hanya menyisakan sedikit.

sampai ditempat ayahnya, ayahnya murka karena samosir telah memakan bekal ayahnya dan mengeluarkan perkataan yang tidak boleh dikatakannya. dia pun menangis dan berlari pulang. sesampai dirumah, dia menceritakan kepada ibunya apa yang tadi telah dikatakan ayahnya.
putri pun menangis, ia menyuruh samosir pergi ke atas bukit yang paling tinggi. samosir pun melaksanakan perkataan ibundanya, sesampainya di atas bukit, tiba- tiba langit gelap dan hujan turun sangat deras, banjir pun melanda, toba menyesal dan meminta maaf pada sang putri, tapi terlambat nasi sudah menjadi bubur. toba pun tewas karena terjangan banjir. putri tersebut kembali menjelma menjadi ikan. samosir yang bersedih pun akhirnya ikut terjun dalam banjir. samosir pun berubah menjadi pulau yang kita kenal sekarang dengan pulau samosir.

p. samosir
pulau samosir
 referensi dari berbagai sumber

Title: mitos DANAU TOBA; Written by ani ristiy; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik,
janganlah berkomentar untuk memicu perselisihan antar agama,suku, bangsa, ras, dan golongan tertentu.
terimakasih sudah berkunjung dan telah berkomentar dengan baik